Sabtu, 28 November 2015

I Am Pluviophile

"Rinai hujan basahi aku. Temani sepi yang mengendap. Kala aku mengingatmu dan semua saat manis itu. ... Aku selalu bahagia saat hujan turun, karena aku dapat mengenangmu untukku sendiri."
- Utopia, Hujan

Hi, it's raining~ Pas banget, karena aku mau bahas sesuatu tentang hujan saat ini. Apa sih yang lagi menarik tentang hujan? Hahaha. Ini tentang aku sendiri dan sesuatu yang disebut pluviophile.

Apa itu pluviophile?

Pernah tau sesuatu yang berhubungan phobia? Nah, si -phile ini adalah kebalikan dari phobia. Kalo phobia itu adalah tentang ketakutan seseorang tentang suatu hal, maka -phile ini berkaitan dengan kecintaan seseorang. Terus pluviophile itu apa? Jadi menurut kamus online,

PLUVIOPHILE
(n) a lover of rain; someone who finds joy and peace of mind during rainy days.

Aneh gak sih kalo seseorang suka sama hujan? Menurutku sih gak aneh. Kenapa? Karena aku adalah salah satu orang yang suka sama hujan, hehehe.

Sebenernya aku baru aja kenal istilah pluviophile ini waktu seorang temen ngetag foto ke instagramku. Di foto itulah ada kata pluviophile beserta artinya. Jadi menurut temenku itu aku adalah seorang pluviophile. Karena penasaran sama pluviophile ini, jadilah akhirnya searching kesana kemari tentang tanda-tanda pluviophile.

Seperti yang dilansir dari salah satu sumber, tanda-tanda seorang pluviophile itu adalah:

1. Seorang pluviophile merasakan kedamaian di dalam hatinya saat hujan turun.

1920x1080 Wallpaper girl, blonde, umbrella, street, rain, raincoat, mood
Sumber: wallpaperscraft.com

Hujan adalah saat paling nyaman dimana kita bisa menghabiskan waktu untuk diri kita sendiri. Saat hujan turun, kita bisa merasakan kedamaian. Hanya duduk diam sambil menikmati waktu bersama hujan pun sudah cukup. Biasanya sih aku lebih milih berdiam diri, minum secangkir minuman hangat sambil membaca buku. Entah kenapa, bukunya bakalan lebih menarik kalo ada backsound suara hujannya.

2. Seorang pluviophile suka memandang air hujan yang mengalir di jendela.
1920x1080 Wallpaper glass, drop, rain, texture
Sumber: wallpaperscraft.com

Pernah liat pemandangan di jendela rumah atau di kaca mobil? Pemandangan ini sangat menyenangkan untuk dilihat. Aku sih gak pernah bosen ngelihat pemandangan ini. Rasanya jauh lebih fresh.

3. Seorang pluviophile senang kalau melihat langit menghitam.

1920x1080 Wallpaper fog, rain, light, night
Sumber: wallpaperscraft.com

Langit yang menghitam adalah salah satu tanda akan turun hujan. Waktu ini merupakan salah satu waktu yang cukup dinanti. Saat langit mulai menghitam, udara juga pasti berubah. Angin berhembus lebih kencang dan dingin. Cukup memperkuat suasana hujan.

4. Seorang pluviophile lebih suka menikmati hujan di luar ruangan.

1920x1080 Wallpaper girl, shirts, rain
Sumber: wallpaperscraft.com

Menikmati hujan di luar ruangan itu rasanya sangat berbeda. Saat air hujan menyentuh kulit. Tapi sebenarnya aku gak terlalu suka kalau saat hujan aku benar-benar di luar ruangan tanpa ada atap. Kalau baju basah kan bingung juga, apalagi kalau masih ada kuliah atau mau pergi kemana gitu. Lebih baik duduk diem di luar ruangan yang masih ada atapnya, misalnya aja di balkon atau di outdoor cafe.

5. Seorang pluviophile menikmati suara hujan seperti suara musik.

1920x1080 Wallpaper girl, anime, rain, glass, light, schoolgirl
Sumber: wallpaperscraft.com

Pernah coba dengerin suara hujan? Entah kenapa, bagiku suara hujan itu seperti suara musik. Kadang bisa terdengar bahagia, tapi kadang juga sedih. Kadang bisa menggambarkan kemarahan juga. Tapi semuanya sih tergantung mood masing-masing.

6. Seorang pluviophile sangat menyukai aroma hujan.

1920x1080 Wallpaper rain, drops, splashes, splash
Sumber: wallpaperscraft.com

Aroma hujan, bau tanah yang tersapu hujan. Aroma yang gak bisa ditemui selain hujan. Aromanya menenangkan.

Dari semua tempat dan waktu dimana hujan turun, yang paling aku suka adalah saat berenang. Saat kita berenang lalu tiba-tiba hujan turun, kita bisa merasakan semua tanda-tanda seorang pluviophile. Saat kita berenang, saat itu juga kita bisa merasakan kedamaian hujan, walaupun gak mengalir di jendela rumah tapi kita bisa langsung menyentuh hujan dengan kulit kita, kita bisa menikmati bagaimana langit mulai menghitam hingga turunnya hujan, kita bisa menikmati hujan di luar ruangan tanpa takut baju kita basah, kita bisa menikmati musik yang diciptakan oleh hujan, sekaligus kita bisa menghirup aroma hujan.

Dan dari semua kesenangan saat hujan, ternyata hujan selalu bisa menyimpan kenangan. Bagi banyak orang, biasanya hujan selalu menyimpan kenangan yang menyedihkan. But it's okay, hujan selalu bisa menutupi kesedihan kok.

"I always like walking in the rain, so no one can see me crying."- Charlie Chaplin

Kalau yang pernah lihat film Inside Out pasti tau, buat aku, kenangan saat hujan itu kebanyakan bisa jadi bagian dari core memoryku, hehehe. Jadi buat kalian,

"Some people feel the rain, others just get wet"
- Bob Marley

Tidak ada komentar:

Posting Komentar