Jumat, 03 Januari 2014

Kebijakan Moneter


KEBIJAKAN MONETER

A.     GAMBARAN UMUM KERANGKA KEBIJAKAN MONETER
Kebijakan moneter adalah salah satu kebijakan moneter yang berperan untuk mempengaruhi  stabilitas harga, pertumbuhan ekonomi, perluasan kesempatan kerja, dan keseimbangan neraca pembayaran. Seringkali peranan ini menjadi sasaran akhir kebijakan moneter dan mengandung unsur-unsur kontradiktif. Dalam jangka panjang kebijakan moneter bersifat netral dan hanya dapat mempengaruhi harga. Oleh karena itu, dalam undang-undang bank sentral ada kecenderungan bahwa sasaran akhir kebijakan moneter adalah stabilisasi harga. Tujuan utama pelaksanaan kebijakan moneter di Indonesia adalah untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

B.     INSTRUMEN-INSTRUMEN PENGENDALIAN MONETER
Kebijakan moneter dengan sasaran tunggal pada umumnya menggunakan pendekatan harga (price-based structure) dan sasaran multi menggunakan pendekatan kuantitas.
Pendekatan kuantitas beranggapan bahwa pengendalian besaran-besaran moneter dapat mengendalikan stabilitas perekonomian secara efektif. Sebaliknya, pendekatan harga beranggapan bahwa pengendalian tingkat hargalah yang secara efektif dapat mengendalikan stabilitas perekonomian.
Kerangka kebijakan moneter terdiri dari instrumen dan sasaran operasional untuk pendekatan harga dan untuk pendekatan kuantitas terdiri dari instrumen, sasaran operasional, dan sasaran antara.
Sehubungan dengan itu, Bank Indonesia memiliki tugas pokok sebagai otoritas moneter adalah merencanakan dan membuat program moneter yang intinya adalah melakukan perencanaan kebijakan pendendalian uang beredar (moneter).
Kebijakan moneter secara umum dibagi dua, yaitu kebijakan moneter ketat (kontraksi) dan longgar (ekspansi). Kontraksi dilakukan apabila jumlah uang beredar dianggap lebih tinggi daripada jumlah yang ditetapkan sedangkan ekspansi adalah sebaliknya.
Untuk mencapai sasarannya pada kebijakan moneter maka bank sentral membutuhkan instrumen-instrumen untuk mengarahkan kebijakan moneter ke tujuan tertentu sebagaimana yang diinginkan. Secara garis besar, instrumen ini dapat digolongkan menurut cara yang berbeda:
1.      Menurut cara instrumen tersebut mempengaruhi sasaran operasional, dapat dibagi langsung atau tidak langsung.
2.      Menurut orientasinya di pasar keuangan, dapat dibagi berorientasi pasar dan tidak berorientasi pasar.
3.      Menurut diskresinya, dapat dibagi diskresinya berada di bank sentral atau di peserta pasar.
Kebijakan moneter dapat menggunakan instrumen baik langsung maupun tidak langsung.
Instrumen Langsung
Instrumen langsung adalah instrumen pengendalian moneter yang dapat secara langsung mempengaruhi sasaran operasional yang diinginkan oleh bank sentral. Pada umumnya bersifat non-market based dan diskresinya ada di bank sentral. Keuntungannya bahwa ia dapat dipergunakan sebagai alat yang efektif bagi bank sentral untuk mengendalikan harga atau kuantitas kredit, terutama dalam tahap-tahap awal pembangunan atau dalam keadaan krisis yang bersifat sementara. Biasanya dipergunakan oleh negara-negara berkembang.
                        Jenis instrumen langsung ada bermacam-macam, dengan berbagai variasi, antara lain:
1.      Penetapan suku bunga
Berupa penetapan tingkat suku bunga baik untuk pinjaman maupun simpanan di dalam sistem perbankan. Keefektifan instrumen langsung ini terletak pada kredibilitas sistem penegakan dan pengawasannya.
2.      Pagu kredit
Berupa penetapan jumlah atau kuantitas maksimum kredit yang dapat disalurkan oleh perbankan. Berfungsi untuk mengendalikan jumlah uang beredar dengan secara langsung mempengaruhi jumlah kredit domestik yang dapat disalurkan oleh perbankan.
3.      Rasio likuiditas
Digunakan bank sentral dengan mewajibkan bank-bank lain untuk memlihara cadangan primer juga untuk setiap saat memelihara surat-surat berharga tertentu atau mata uang tertentu dengan presentase tertentu. Bertujuan untuk menggalang dana yang dibutuhkan untuk pembiayaan anggaran pemerintah melalui surat-surat utang pemerintah kepada perbankan, sembari menciptakan pasarnya.
4.      Kredit langsung
Berupa penyaluran kredit secara langsung kepada sektor, program, proyek, dan/atau kegiatan tertentu yang sedang digalakkan pemerintah namun belum cukup menarik bagi sektor swasta.
5.      Kuota rediskonto
Mirip dengan kredit langsung namun dijamin dengan surat berharga pasar uang melalui kuota untuk memberikan insentif pengembangan sektor tertentu.
6.      Instrumen lain
Instrumen langsung yang pada masa dahulu pernah digunakan untuk mengendalikan uang beredar atau money supply:
a.       Pengguntingan uang
Ditujukan untuk mengurangi uang beredar. Dengan pengguntingan uang, nilai pecahan uang yang terkena peraturan ini berkurang sejumlah presentase tertentu sedangkan sisanya diganti dengan surat berharga pemerintah jangka panjang.
b.      Pembersihan uang
Dengan pembersihan uang, nilai uang diturunkan dengan presentase tertentu tanpa ada penggantian untuk jumlah yang diturunkan tersebut. Efek pembersihan uang sama dengan pengguntingan uang, yaitu penurunan jumlah uang beredar.
c.       Penetapan uang muka impor
Ketetapan ini berlaku bagi para importir yang akan melakukan transaksi pembelian dari luar negeri. Dengan ketetapan ini para importir diwajibkan untuk membayar sejumlah presentase tertentu sebagai uang muka untuk pembelian valuta asing yang mereka perlukan untuk mengimpor barang yang mereka perlukan dari luar negeri.


Instrumen Tidak Langsung
Instrumen tidak langsung adalah instrumen pengendalian moneter yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi sasaran operasional yang diinginkan oleh bank sentral. Bisa bersifat market based atau non-market based dan diskresinya ada yang di bank sentral atau peserta pasar. Dirancang berdasarkan kebutuhan sesuai dengan proses liberalisasi keuangan yang menitikberatkan pada efisiensi alokasi tabungan dan kredit dalam perekonomian.
Instrumen tidak langsung juga bermacam-macam dan bervariasi, antara lain:
1.      Cadangan wajib minimum
Jumlah alat likuid minimum yang wajib dipelihara oleh bank.
a.       Cadangan primer
Umum dikenal dengan reserve requirement adalah instrumen tidak langsung yang merupakan ketentuan bank sentral yang mewajibkan bank-bank memelihara sejumlah alat likuid sebesar presentase tertentu dari kewajiban lancarnya.
b.      Cadangan sekunder
Sejumlah alat likuid tambahan di atas cadangan primer. Alat likuid yang dapat diperhitungkan sebagai cadangan sekunder berbentuk surat-surat berharga baik milik bank sentral maupun pemerintah. Tujuannya berkaitan dengan upaya pemerintah atau bank sentral dalam rangka mendorong bank-bank untuk membeli surat-surat berharga milik pemerintah atau bank sentral.
2.      Fasilitas diskonto
Fasilitas kredit (dan/atau simpanan) yang diberikan oleh bank sentral kepada bank-bank dengan jaminan surat-surat berharga dan tingkat diskonto yang ditetapkan oleh bank sentral sesuai arah kebijakan moneter.
3.      Fasilitas rediskonto
Serupa dengan fasilitas diskonto dalam bentuk fasilitas pinjaman jangka pendek (hanya berbeda pada surat berharga yang digunakan bukan surat berharga bank sentral melainkan surat berharga pasar uang) yang merupakan ketentuan bank sentral dalam menetapkan tingkat rediskonto surat-surat berharga pasar uang (SBPU) yang dapat digunakan dan dirediskontokan ke bank sentral.
4.      Operasi Pasar Terbuka (OPT)
Berbentuk kegiatan jual-beli surat-surat berharga oleh bank sentral, baik di pasar primer maupun pasar sekunder melalui mekanisme lelang atau nonlelang. Apabila bank sentral akan mengurangi jumlah uang beredar, bank sentral akan menjual surat-surat berharga yang akan berdampak pada pengurangan alat-alat likuid bank-bank dan selanjutnya akan memperkecil kemampuan bank-bank memberikan pinjaman.
a.       Lelang surat berharga bank sentral di pasar primer
Lelang ini dilakukan di pasar primer karena bank sentral sebagai penerbit menjual langsung ke pasar.
b.      Lelang surat berharga pemerintah di pasar primer
Seperti lelang surat berharga bank sentral namun perbedaannya adalah penerbitnya adalah pemerintah bukan bank sentral. Lelang ini dilakukan di pasar primer karena pemerintah sebagai penerbit menjual langsung ke pasar.
c.       Operasi pasar sekunder
Di pasar sekunder dapat dilakukan jual-beli surat-surat berharga secara outright atau repo (repurchase agreement).
5.      Fasilitas simpanan bank sentral
Berbentuk simpanan bank-bank di bank sentral yang berjangka sangat pendek. Fasilitas ini digunakan oleh bank-bank apabila mereka mengalami kelebihan likuiditas pada akhir hari namun tidak dapat menempatkan dana kelebihannya itu di tempat lain.
6.      Operasi valuta asing
Bank sentral melakukan jual beli valuta asing di pasar valuta asing untuk mempengaruhi jumlah uang beredar dan nilai tukar. Jual beli valuta asing ini dapat dilakukan secara spot (outright) atau swap. Jual beli secara spot bermanfaat ketika pasar valuta asing di negara tersebut lebih berkembang daripada pasar uangnya.
7.      Fasilitas overdraft
Berupa fasilitas pemberian pinjaman yang berjangka sangat pendek kepada bank-bank yang mengalami kesulitan likuiditas jangka sangat pendek (kalah kliring). Oleh karena itu, fasilitas ini pada umumnya memiliki suku bunga di atas suku bunga sumber-sumber dana lainnya di pasar uang.
8.      Simpanan sektor pemerintah
Berupa realokasi simpanan pemerintah yang berada di bank sentral dan bank-bank pelaksana/umum.
9.      Lelang kredit
Instrumen sementara yang dipergunakan dalam masa awal transisi kepenggunaan instrumen tidak langsung untuk mengubah dari pemberian kredit langsung ke alokasi pasar. Oleh karena itu, instrumen ini biasanya hanya digunakan ketika pasar-pasar keuangan belum berkembang dan suku bunga patokan antar bank belum ada.
10.  Imbauan
Imbauan akan menjadi efektif apabila bank sentralnya kredibel dan tidak sering digunakan.
11.  Instrumen lain
Surat berharga yang dijual oleh bank sentral pada umumnya berdasarkan suku bunga namun dengan berkembangnya perbankan syariah, bank sentral juga dapat menjual surat berharga yang berdasarkan syariah.

C.     INSTRUMEN-INSTRUMEN PENGENDALIAN MONETER YANG DIGUNAKAN OLEH NEGARA-NEGARA LAIN
Negara
Cadangan Wajib Minimum
Fasilitas Diskonto
Operasi Pasar Terbuka
Instrumen Lain
a.        Negara Maju:




Amerika Serikat
3% - 10%
Kebutuhan jangka pendek
SB pemerintah, bonds, notes
Tidak ada
Inggris
0,35%
Overnight, LOLR
SB pemerintah, SB swasta
Tidak ada
Jepang
Ya
Diatur per bank
SB pemerintah, bonds, CDs
Imbauan
Perancis
0,5% - 1%
5 – 10 hari repo
SB pemerintah, SB swasta
Tidak ada
Jerman
1% - 20%, rata-rata
3 bulan, sedang, panjang
SB pemerintah
Fasilitas kredit perpanjangan
New Zealand
Tidak ada
< 28 hari, otomatis
SB pemerintah, SB bank sentral
Tidak ada

b.       Negara berkembang:




-Amerika Latin:




Argentina
3% - 43%, rata-rata
≤ 30 hari, LOLR
Bonds pemerintah
Tidak ada
Chili
3,6% - 30%
1 hari/bulan, LOLR
Sb pemerintah, SB bank sentral
Tidak ada
Brazil
3% - 83%
Ya
SB pemerintah, Sb bank sentral
Fasilitasoverdraft, fasilitas kredit jangka pendek, fasilitas kredit perpanjangan, lelang kredit
Mexiko
≥ 0
Darurat
CETES, BONOS
CDs, Fasilitas pinjaman darurat
-Asia tenggara:




Korea
Ya
Ya
Bonds pemerintah, MSBs
Lelang kredit
Thailand
7%, rata-rata
7 hr, LOLR
SB pemerintah, SB bank sentral
SLR, FXW
Filipina
17%
Ya
SB pemerintah, SB bank sentral

Malaysia
11,5%, rata-rata
≥ 3 bl
SB pemerintah, SB bank sentral
Kredit jangka pendek, SLR, Instrumen langsung
Indonesia
3% - 5%, rata-rata
Ya
SB bank sentral, SB pasar uang
Tabungan pemerintah, kredit likuiditas, FXO
-Negara berkembang lain:




Ghana
5%, rata-rata
Ya, sebagai penalti
SB pemerintah, SB bank sentral
Pinjaman overnight
Mesir
10% - 15%, rata-rata
Ya, 2% di atas
SB pemerintah
SLR
Tunisia
2%
7 hr, sebagai penalti
SB pemerintah
Lelang kredit
Cina
13%
Ya
Tidak ada
Inst. Langsung
India
15%, rata-rata
Ya
SB pemerintah
Penetapan sb, SLR, fasilitas switching
c.        Negara transisi:




Rep. Czech
8,5%, rata-rata
Ya
SB pemerintah, SB bank sentral
Kredit jangka pendek
Rusia
1,5% - 20%
Tidak ada
SB pemerintah
Tidak ada

D.    INSTRUMEN-INSTRUMEN PENGENDALIAN MONETER DI INDONESIA
1.      Sebelum 1983
Periode 1945-1965
Instrumen
Keterangan
Saat Pelaksanaan
1.        Penetapan suku bunga
Tingkat suku bunga simpanan dan pinjaman ditetapkan oleh bank sentral untuk mengendalikan harga.
Sebelum tahun 1957, penetapan suku bunga fasilitas rediskonto, suku bunga maksimum.
2.        Fasilitas rediskonto
Instrumen tidak langsung yang merupakan ketentuan bank sentral dalam menetapkan tingkat rediskonto surat-surat berharga yang diperbolehkan.
Sebelum tahun 1957, penetapan suku bunga rediskonto terhadap promes atau surat-surat utang (jarang dilakukan).
3.        Operasi Pasar Terbuka (OPT)
Instrumen tidak langsung yang merupakan kegiatan jual-beli surat-surat berharga oleh bank sentral dengan pelaku pasar baik di pasar primer maupun sekunder.
-          Sebelum tahun 1957, dilakukan oleh Bank Indonesia meskipun pasar uang yang sudah berjalan masih bersifat sederhana.
-          Tahun 1970, diperkenalkan SBI sebagai instrumen operasional OPT untuk mendorong perkembangan pasar uang.
4.        Pagu kredit
Pemberian kredit kepada sektor tertentu dibatasi untuk setiap bank sesuai dengan kriteria yang ditetapkan, yang dimaksudkan untuk mengendalikan jumlah kredit yang disalurkan dan, dengan kata lain, mengendalikan money supply.
Sebelum tahun 1957, berlaku untuk bank-bank komersial langsung atau dihubungkan dengan besarnya kredit jumlah kekayaan tertentu. Pengendalian kredit juga berlaku sektoral (mana yang boleh diberi kredit).
5.        Kredit langsung
Kredit yang diberikan langsung oleh Bank Indonesia untuk mengembangkan sektor tertentu dengan subsidi.
Sebelum tahun 1957.
6.        Pengguntingan uang
Uang kertas digunting menjadi dua bagian. Satu bagian sebagai alat pembayaran, bagian lain ditukar dengan surat berharga pemerintah, untuk mengendalikan uang beredar.
19 Maret 1950, penurunan nilai uang 50% untuk pecahan 5 rupiah ke atas. Guntingan kiri berlaku sebagai alat pembayaran, guntingan kanan ditukar dengan obligasi negara dengan bunga 3% setahun.
7.        Pembersihan uang (monetary purge)
Penurunan nilai mata uang ke nilai nominal lebih rendah, dimaksudkan untuk mengurangi uang beredar.
-          6 Maret 1946, satu rupiah menjadi 3 sen.
-          23 Oktober 1949, 100 rupiah Jepang sama dengan 1 rupiah ORI di luar Jawa dan Madura. Di Jawa dan Madura kurs penukaran 100:1.
-          24 Agustus 1959, nilai uang diturunkan menjadi 10% untuk pecahan 1000 dan 500.
-          13 Desember 1965, nilai uang diturunkan 999% 1000 rupiah menjadi 1 rupiah.
8.        Penetapan uang muka impor
Importir diwajibkan membayar 40% uang muka untuk pembelian valuta asing yang mereka perlukan untuk mengendalikan money supply.
Tahun 1952, diperkenalkan instrumen ini untuk mengendalikan money supply dari sisi impor.
9.        Cadangan primer (CWM)
Instrumen tidak langsung, merupakan ketentuan bank sentral yang mewajibkan bank-bank memelihara sejumlah alat likuid (seperti kas) sebesar presentase tertentu dari kewajiban lancarnya.
Tahun 1957 diperkenalkan dengan tujuan bukan untuk alat mengontrol money supply.

Periode 1965-1983
Instrumen
Keterangan
Saat Pelaksanaan
1.        Cadangan primer (CWM)
Instrumen tidak langsung, merupakan ketentuan bank sentral yang mewajibkan bank-bank memelihara sejumlah alat likuid (seperti kas) sebesar presentase tertentu dari kewajiban lancarnya.
-          Digunakan sejak periode sebelumnya.
-          Tahun 1973/74, ditingkatkan menjadi 30% untuk meredam peningkatan money supply sebagai akibat oil price shock.
-          Tahun 1977 Desember, pertama kali dalam sejarah perbankan, diturunkan menjadi 15%.
2.        Kredit langsung / likuiditas
Kredit yang diberikan langsung oleh Bank Indonesia untuk mengembangkan sekotr tertentu dengan subsidi.
-          Digunakan sejak periode sebelumnya.
-          Sejak 1968 pemerintah memberikan subsidi untuk kredit program pada sektor pertanian, industri, transportasi, dan jasa-jasa, seperti Bulog.
-          Tahun 1973 akhir, KIK / KMKP diperkenalkan sebagai tanda ditinggalkannya instrumen pengendalian moneter tidak langsung.
3.        Penetapan suku bunga
Tingkat suku bunga disimpan dan pinjaman ditetapkan oleh bank sentral untuk mengendalikan harga.
-          Digunakan sejak periode sebelumnya.
-          Tahun 1966 Oktober, sebagai bagian dari program stabilisasi ekonomi, suku bunga resmi dinaikkan dari 26-63% menjadi 72-108% pertahun. Penalti untuk kredit yang jatuh waktu 50% di atas suku bunga normal, dan penalti overdraft 1% perhari.
-          Tahun 1968, suku bunga deposito dinaikkan dari 30% ke 72% pertahun, untuk menggairahkan mobilisasi dana masyarakat melalui perbankan.
-          Tahun 1971 diperkenalkan Tabanas dan Taska dengan suku bunga yang ditetapkan.
4.        Pagu kredit
Pemberian kredit kepada sektor tertentu dibatasi untuk setiap bank sesuai dengan kriteria yang ditetapkan, dimaksudkan untuk mengendalikan jumlah kredit yang disalurkan dan, dengan kata lain, mengendalikan money supply.
-          Digunakan sejak periode sebelumnya.
-          April 1974, diperkenalkan sistem pagu kredit baru sebegai tanda ditinggalkannya instrumen tidak langsung dan kembali digunkannya instrumen langsung.

2.      Sesudah 1983
Periode 1983-1997
Instrumen
Keterangan
Saat Pelaksanaan
1.        Cadangan primer (CWM)
Instrumen tidak langsung, merupakan ketentuan bank sentral yang mewajibkan bank-bank memelihara sejumlah alat likuid (seperti kas) sebesar presentase tertentu dari kewajiban lancarnya.
-          Digunakan sejak periode sebelumnya.
-          Tahun 1988 Oktober, diturunkan dari 15% menjadi 2% untuk mendorong efisiensi penyaluran dana masyarakat.
-          Tahun 1996 Februari, dinaikkan dari 2% menjadi 3%.
-          Tahun 1997 April, dinaikkan lagi menjadi 5%.
2.        Pengurangan / penghapusan kredit langsung / likuiditas
Kredit yang diberikan langsung oleh Bank Indonesia untuk mengembangkan  sektor tertentu dengan subsidi.
-          Oktober 1988, berangsur-angsur dikurangi.
-          Januari 1990, dihapuskan kecuali untuk swasembada pangan, pengembangan koperasi, dan peningkatan investasi
3.        Fasilitas Diskonto
Instrumen tidak langsung yang merupakan ketentuan bank sentral dalam menetapkan tingkat diskonto surat berharga bank sentral atau pinjaman (dan/atau simpanan) bank sentral kepada bank-bank.
-          Oktober 1988, diperkenalkan Diskonto I untuk jangka pendek (3 hari), Diskonto II untuk jangka lebih panjang (60 hari).
4.        Fasilitas rediskonto
Instrumen tidak langsung yang merupakan ketentuan bank sentral dalam menetapkan tingkat rediskonto surat-surat berharga yang diperbolehkan.
-          Pernah digunakan pada periode sebelumnya.
-          Tahun 1993, ketentuan tingkat rediskonto wesel ekspor berjangka ditetapkan sama dengan SIBOR.
5.        Operasi Pasar Terbuka (OPT)
Instrumen tidak langsung yang merupakan kegiatan jual-beli surat-surat berharga oleh bank sentral dengan pelaku pasar baik di pasar primer maupun sekunder.
-          Pernah digunakan pada periode sebelumnya.
-          Juni 1983, diperkenalkan kembali sebagai instrumen tidak langsung utama pengendalian moneter. SBI dan SBPU dipergunakan sebagai instrumen operasionalnya.
6.        Operasi valuta asing
Merupakan salah satu instrumen tidak langsung yang dapat digunakan dalam OPT, yaitu bank sentral melakukan jual beli valuta asing di pasar valuta asing untuk mempengaruhi jumlah uang beredar dan nilai tukar.
Digunakan sampai sekarang sebagai instrumen operasional OPT.
7.        Imbauan
Bank sentral menghimbau perbankan untuk melakukan tindakan tertentu yang diinginkan.
Tahun 1992, BI menghimbau bank-bank pemerintah untuk berinisiatif menurunkan suku bunga simpanan dan pinajaman.
8.        Simpanan sektor pemerintah pusat / BUMN
Merupakan instrumen tidak langsung: bank sentral dan/atau pemerintah merealokasi simpanan pemerintah yang berada di bank sentral dan di bank-bank pelaksana/umum.
-          Juni 1987 (Gebrakan Sumarlin I) pemerintah dan Bank Indonesia memerintahkan kepada beberapa BUMN besar, seperti PN Taspen, PLN, PT Pusri, dan Pertamina untuk menarik giro dan deposito mereka di bank-bank pemerintah sekitar Rp 1,3 triliun untuk membeli SBI, untuk mencegah berlanjutnya pelarian modal ke luar negeri.
9.        Kebijakan Kredit Selektif (Selective Credit Policy)
Pengaturan sektor dan jumlah kredit yang boleh disalurkan oleh bank dalam rangka prudential banking atau kehati-hatian dalam penyaluran kredit, dan dapat juga digunakan untuk mengendalikan uang beredar.
Tahun 1995, kredit untuk sektor properti dibatasi dengan pertumbuhan tidak melebihi pertumbuhan total kredit.
Periode Pasca 1997
Instrumen
Keterangan
Saat Pelaksanaan
1.        Intervensi Rupiah (Fasilitas Simpanan Bank Sentral
Merupakan instrumen tidak langsung yang sejajar dengan instrumen operasi OPT yang cara kerjanya adalah melalui kegiatan pinjam-meminjam dana yang dilakukan Bank Indonesia secara langsung di pasar uang antar bank (PUAB) dengan jangka waktu overnight s.d. 7 hari. Tujuan diperkenalkannya instrumen ini adalah untuk mem-fine-tuning sasaran kuantitas yang belum tercapai melalui lelang SBI. Fungsi lain IR adalah sebagai sinyal arah pergerakan suku bunga.
Tahun 1998, diperkenalkan sebagai instrumen fine-tuning untuk membantu OPT.
2.        Sertifikat Wadiah Bank Indonesia (SWBI)
Instrumen yang diterbitkan Bank Indonesia yang pada awalnya ditujukan sebagai fasilitas penempatan bagi bank-bank syariah namun tidak menutup kemungkinan di masa datang dapat pula digunakan sebagai salah satu instrumen operasional OPT. Pelaksanaannya tidak dilakukan melalui lelang melainkan dengan membuka window sehingga mempunyai kemiripan dengan fasilitas simpanan bank sentral.
Instrumen ini saat ini masih digunakan hanya sebagai penempatan bagi bank-bank syariah. Imbalannya diberi nama “bonus” sebesar imbalan PUAS (Pasar Uang Antarbank Syariah) atau investasi (deposito) mudharabah.

5 komentar:

  1. KESAKSIAN SAYA

    Salam semuanya, nama saya SANTIAGO GONZALEZ dan saya tinggal di Spanyol, saya ingin berbicara tentang kebaikan Tuhan dalam hidup saya setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan telah tertipu sehingga saya menjadi putus asa dalam memperoleh pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah, lalu saya melihat komentar dari seorang teman bernama James dan dia berbicara tentang pinjaman sah perusahaan ini di mana dia mendapatkan pinjaman cepat dan mudah tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada seorang wanita bernama Ny. REBACCA yang mengendalikan penegasan yang disebut REBACCA ALMAL LOAN COMPANY, jadi saya meminta sejumlah $ 450.000 (Empat Ratus Lima Puluh Ribu Dolar) suku bunga rendah 2%, pinjaman disetujui dan disetor ke rekening bank saya sehingga saya bisa mendapatkan pinjaman untuk menjaga bisnis saya yang rusak berjalan dan juga untuk membayar tagihan saya, jadi saya menyarankan Anda semua yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman cepat dan mudah, hubungi mereka dengan ramah melalui email :( rebaccaalmaloancompany@gmail.com} untuk mendapatkan segala jenis pinjaman yang Anda butuhkan hari ini, terima kasih kepada membaca kesaksian terbesar dalam hidupku.

    Anda juga dapat menghubungi ibu yang baik melalui WhatsApp Number +14052595662


    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya jika ada pertanyaan: santiagogonzalezk9@gmail.com


    Tn. Santiago Gonzalez

    Tuhan memberkati.

    BalasHapus
  2. Nama saya Ayesha Denmark dari kota Kuala Lumpur di Malaysia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka hanya di sini untuk merampok uang Anda dengan susah payah. , Saya mengajukan pinjaman sekitar RM200.000.000.000 dari ibu Gift dan saya kehilangan sekitar RM7.000.000 juta tanpa mendapatkan pinjaman, mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali untuk biaya itu, saya membayar hampir RM7.000.000.000 masih saya tidak dapatkan pinjaman, jangan hubungi ibu yang bernama Hadiah.

    Untungnya bagi saya saya melihat posting di blog tentang ibu Rebacca yang merupakan pemberi pinjaman yang sah, saya menghubungi ibu Rebacca dan saya mengajukan pinjaman senilai RM500.000.000.000, saya pikir itu lelucon dan kecurangan, tetapi saya mendapat pinjaman kurang dari 3 jam dengan bunga hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena saya telah diselamatkan dari kesulitan keuangan, saya mendesak Anda semua yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman di ASIA dan bagian lain dunia, orang terbaik untuk dihubungi adalah ibu Rebacca dan saya bersumpah kepada ALLAH SWT bahwa semua masalah Anda akan terpecahkan, jadi saya menyarankan semua penduduk di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi

    Ms. Rebacca Alma melalui email: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com)

    Ini adalah ibu yang baik Nyonya Alma WhatsApp Nomor +14052595662


    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (ayeshadanish@gmail.com) Semoga Allah menyertai Anda semua

    BalasHapus
  3. Kabar Baik, Semuanya.
    Nama saya Untung Kadu. Saya tinggal di kota bernama Padang di Indonesia, saya juga dari Indonesia. Saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada Legit dan pemberi pinjaman kredit nyata yang telah mengubah hidup suami saya dan saya dari rumput menjadi anugerah. Saya dulunya adalah wanita miskin, tetapi dia telah mengubah saya menjadi orang kaya sekarang, karena saya sekarang dapat membanggakan hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.
    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar jumlah total Rp8.700.100, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi Saya memutuskan Untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja menerima pinjaman online, kami membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mrs. REBACCA ALMA yang merupakan CEO dari Rebacca Alma Loan Company.
    Saya mengajukan jumlah pinjaman (Rp 520.000.000) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena kenyataan bahwa tidak ada jaminan yang diperlukan untuk pinjaman transfer, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam dan 20 menit pinjaman disimpan ke rekening bank saya.

    Jadi saya ingin menasihati siapa pun yang membutuhkan pinjaman untuk segera menghubungi dia melalui: rebaccaalmaloancompany@gmail.com Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa agar Tuhan memberkatinya dan juga keluarganya untuk hal-hal baik yang dia lakukan telah dilakukan dalam hidupku. Ini adalah ibu Whatsapp Number +14052595662
    Anda juga dapat menghubungi saya di untungkadum@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan di sini adalah email dari teman saya yang merujuk saya ke Rebacca Alma Loans rahimteimuri97@gmail.com Dia memperkenalkan saya kepada Ibu Rebacca. Anda juga dapat menghubunginya untuk mendapatkan lebih banyak arahan. Tuhan memberkati Anda semua dan semoga beruntung saat Anda mendapatkan milik Anda.

    BalasHapus
  4. Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman institusi yang saya temukan online untuk semua saudara dan saudari Muslim yang mencari pinjaman cepat untuk dengan cepat menyelesaikan masalah yang diinginkan. Saya mendapat pinjaman Rp.700.000.000. dari ibu KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan saudara saya yang juga mendapat pinjaman sebesar Rp. 500.000.000 PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Perlu Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka meminjamkan proses yang cepat dan sederhana. Tetapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua Muslim sejati dan tidak ada muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk meminta nasihat juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com)

    BalasHapus
  5. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus